Yang suka kuliner makanan berat pasti kenal dengan gulai kambing. Cita rasa tiap gulai tentu beda tiap daerah di Indonesia, termasuk tiap chef dan restoran yang menyajikan gulai punya kekhasan masing-masing. Bahan daging untuk gulai pun berbeda. Mulai dari kambing, sapi, kerbau, ayam, dan lainnya.

Kali ini Pak Haji Darmo berbagi informasi mengenai gulai kambing dengan cita rasa Padang. Yang khas pada gulai kambing Padang itu dagingnya diolah dengan kuah santan dan berbagai rempah sebagai bumbunya. Di antara rempah yang digunakan seperti jintan, ketumbar, jahe, dan kunyit yang membuatnya enak. Semua rempah ditumis menggunakan minyak kelapa. Kemudian diguyur santan dan daging kambing setengah matang.

Berikut ini bahan untuk masak gulai kambing Padang: 500 gram daging kambing, 1 ¼ butir kelapa, 5 buah cabai merah, 5 buah cabai rawit, 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 sdt ketumbar, 1 sdt jintan, 5 butir kemiri, 1 potong jahe, 1 potong kunyit, 1 potong temukunci, 1 batang serai, 1 potong gula merah, garam secukupnya, 2 buah tomat merah, minyak kelapa secukupnya.

Berikut langkah untuk pembuatan gulai kambing Padang (merujuk pada situs Kompas) yaitu (1) Parut satu butir kelapa untuk diambil santannya. Setelah itu, parut ¼ butir kelapa dan sangrai hingga menguning. (2) Siapkan panci dan air secukupnya. Panaskan air dan tunggu hingga mendidih. Rebus daging kambing hingga setengah matang. Potong sesuai selera. (3). Sangrai ketumbar dan jintan sebentar. Campurkan dengan bahan lain, kecuali serai. Tumis dengan sedikir minyak kelapa, masukkan serai. Sebelumnya, pukul-pukul serai agar aromanya lebih keluar. (4). Tuang santan cair dan masukkan air rebusan daging kambing dan dagingnya. Masak sampai kuahnya tinggal sedikit, masukkan kelapa sangrai tumbuk halus, santan kental, dan air tomat. Air tomat didapatkan dari tomat yang dikukus dan diperas agar airnya keluar. (5). Rebus sampai kuah mengental, matikan api kompor, dan angkat. (6). Sajikan gulai kambing padang dengan nasi putih hangat.

Gulai Haji Darmo

Haji Darmo juga memiliki sajian gulai kambing yang khas. Rasanya enak karena diolah dengan racikan bumbu rempah dan daging kambing yang segar. Dari harga pun terjangkau. Lebih enak disantap dengan nasi hangat dan minumnya air teh panas.

Sekadar informasi di restoran Haji Darmo menyajikan gulai kambing, tongseng, sate kambing, sate maranggi daging sapi, sate ayam, sop kambing, dan bakso malang Haji Darmo. Tersebar di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Sumedang, Lombok, Tasikmalaya, Solo (Surakarta), dan lainnya. ***

9 Views